PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IMAN KEPADA ALLAH DAN RASUL - NYA KELAS I SD NEGERI 52 KENDARI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan
memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini kemudian dibuat laporan sesuai dengan kondisi nyata yang dilakukan peneliti dikelasnya. Adapun pelaksanaan penelitian ini juga dilakukan di SD Negeri 52 Kendari sekurang- kurangnya dilakukan minimal 2 siklus. Dengan satu kali pertemuan ditiap siklusnya. Hasil refleksi dari siklus 1 sangat menentukan bentuk siklus berikutnya, karena hasil refleksi harus digunakan sebagai bahan masukan untuk perencanaan siklus berikutnya. Sebanyak 20 peserta didik kelas I SD Negeri 52 Kendari ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Sehingga seluruh peserta didik kelas I di SD Negeri 52 Kendari pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 menjadi subjek penelitian. Berdasarkan hasil observasi kemampuan peserta didik SD Negeri 52 Kendari dari peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 82,14% dan pasa siklus II diperoleh persentase nilai rata-rata kemampuan peserta didik SD Negeri 52 Kendari hasil belajar sebesar 96,42% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan persentase nilai rata-rata kemampuan peserta didik SD Negeri 52 Kendari siklus I dan siklus II menunjukan kenaikan yang cukup tinggi. Kenaikan kemampuan guru dari siklus I ke siklus II disebabkan karena guru terus berusaha meningkatkan bimbingan kepada peserta didiknya dengan berbagai metode.