Penerapan Metode Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyembelihan Hewan Qurban Kelas IX MTs Sis Al-Jufri Tatura Palu

Authors

  • Mohamad Irham MTs Sis Al Jufri Tatura Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur dampak penerapan metode Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi penyembelihan hewan qurban di kelas IX MTs Sis Al-Jufri Tatura Palu. Metode Discovery Learning dianggap sebagai pendekatan pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas IX di MTs Sis Al-Jufri Tatura Palu. Kelas kontrol menerima pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok eksperimen menerima pembelajaran dengan metode Discovery Learning. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pre test dan post-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Discovery Learning memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi penyembelihan hewan qurban. Skor post-test kelompok eksperimen secara statistik lebih tinggi daripada skor post-test kelompok kontrol. Selain itu, siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih aktif dalam pembelajaran, menunjukkan bahwa metode Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran materi tersebut.  Dengan demikian, disarankan agar metode Discovery Learning dapat diimplementasikan secara lebih luas dalam proses pembelajaran materi penyembelihan hewan qurban di berbagai sekolah menengah untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa. Penelitian lebih lanjut juga dapat dilakukan untuk mengeksplorasi aspek-aspek lain dari penerapan metode Discovery Learning dalam konteks pembelajaran yang berbeda.

Downloads

Published

2023-11-28