PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Authors

  • Siti Aminah MIN 1 Ende

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Dakwah Nabi Muhammad Saw mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode Poblem Based Learning ( PBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B MIN 1 Ende Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi dakwah Nabi Muhammad Saw . Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning pemahaman peserta didik secara klasikal hanya 7 siswa (46%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 11 peserta didik (73,3%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78.50 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 siswa (93,3%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.03. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-11-28