PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI AKHLAK TERCELA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DI MTS NEGERI WAJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi akhlak tercela melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII A MTs Negeri Wajo Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Direct Instruction berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi akhlak tercela (Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah dan Namimah), setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (42,85%) yang tuntas dalam pembelajaran pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.