MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI PERKEMBANGAN ISLAM MASA RASULULLAH SAW MATA PELAJARAN SKI KELAS X MAS MUHAMMADIYAH BOLIYOHUTO
Abstract
meningkatkan minat peserta didik pada mata pelajaran idealnya dimulai dari pembenahan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pembenahan pembelajaran tersebut dibutuhkan suatu metode yang dapat meningkatkan minat peserta didik. Maka peneliti perlu melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). PTK adalah suatu bentuk penelaah penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat mmemperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: tes, observasi, angket dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas X MAS Muhammadiyah Boliyohuto, dalam penerapan Metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan minat Belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan metode Tutor sebaya yang dipilih oleh peneliti pada Peserta Didik memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat belajar Peserta Didik. Hal ini terlihat dari hasil presentasi minat belajar Peserta didik pra siklus atau sebelum siklus 1 tergolong kurang minat 16,2 % . namun setelah penerapan Metode tutor Sebaya minat peserta didik meningkat menjadi 26,70 %. Sama halnya dengan siklus 2 meninkat menjadi 27,80 %. Penerapan metode Tutor sebaya dapat meningkatkan minat Peserta Didik kelas X MAS Muhammadiyah Boliyohuto. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Presentasi siklus 1 sampai dengan Siklus 2.