MENINGKATKATKAN MINAT BELAJAR SKI MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRY LEARNING PADA MATERI KEPRIBADIAN NABI MUHAMMAD SAW KELAS IV DI MIS Al-KHAIRAAT TABULO

Authors

  • Foni Ibrahim MIS AL-Khairaat Tabulo

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Inquiry Learning Pada Materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW  Mata Pelajarah Sejarah Kebudayaah Islam Fase B Kelas IV MIS Al-Khairaat Tabulo Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, angket, dan format dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan Tes. Berdasarkan Hasil penelitian Tindakan kelas pada Fase B Kelas IV MIS Al-Khairaat Tabulo memiliki indicator kinerja; apabila minimal 80 % atau 17 orang peserta didik sudah memiliki kemampuan memahami Materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW sesuai yang diharapan.Berdasarkan standar tersebut, penelitian Tindakan kelas ini menunjukkan hasil, yaitu pada Siklus I hanya 51,85 % atau 11 orang peserta didik yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran, dan pada siklus II mencapai 88,88 % atau 16 orang peserta didik yang memenuhi kriteri ketuntasan tujuan pembelajaran. Dari hasil yang dicapai pada siklus kedua, maka dapat disimpulkan hipotesis penelitian tindakan yang menyatakan bahwa “Penerapan Metode Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Kepribadian Nabi Muhammad  pada Peserta Didik Fase B kelas IV MIS Al-Khairaat Tabulo Tahun Pelajaran 2023/2024”

Downloads

Published

2023-11-28