PENERAPAN PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KESERASIAN ANTARA GERAKAN DAN BACAAN SHALAT KELAS II MIS ALKHAIRAAT LUMBUTAROMBO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. 2) peningkatan hasil belajar Fikih materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa setelah diterapkan explicit instruction siswa kelas II MIS Alkhairaat Lumbutarombo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif meskipun pada analisis datanya juga menggunakan strategi kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk menggambarkan persentase peningkatan hasil belajar Fikih materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa kelas II MIS Alkhairaat Lumbutarombo. Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yakni. 1) observasi. 2) Dokumentasi. 3) Tes. 4) wawancara. Kemudian Hasil penelitian ini ditinjau dari perencanaan, penerapan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sampai pada mencapai kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni: 1) Penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas II MIS Alkhairaat Lumbutarombo. Pelaksanaan pembelajaran Fikih di kelas II MIS Alkhairaat Lumbutarombo yang di laksanakan oleh guru pada realitanya kurang memuaskan. Penerapan Model pembelajaran Explicit Instuction terhadap mata pelajaran ini dapat diterima dengan respon positif dari siswa yang selalu meningkat secara signifikan. Pembelajaran selangkah demi selangkah terhadap aktivitas belajar siswa ternyata dapat meningkatkan hasil belajar Fikih materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa untuk terus aktif dalam belajar.