MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X MAN 1 POHUWATO TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah adalah sebuah metode pengajaran yang menekankan pemecahan masalah yang sesungguhnya. Dalam proses ini, peserta didik bekerja dalam kelompok, menerima umpan balik, berdiskusi, dan semua ini berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut dan menyusun laporan akhir. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengukur tingkat motivasi peserta didik sebelum dan setelah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X di MAN 1 Pohuwato, dengan fokus pada periode Rasulullah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XA MAN Pohuwato sebanyak 13 orang. Dalam siklus I dan II dari proses pembelajaran, di MAN 1 Pohuwato kelas XA, terdapat perbaikan yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terkait Materi Pelajaran SKI. Dalam segi metode, pengajaran dapat diatur dengan baik menggunakan model PBL. Para siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, mengikuti pelajaran dengan keteraturan, dan mematuhi arahan dari guru dengan baik.