PENERAPAN METODE PJBL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN ZAKAT FITRAH KELAS X MADRASAH ALIYAH LONJA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan: untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi zakat fitah dan pembagainya di kelas X Madrasah Aliya Lonja dengan penerapan metode PJBL atau projec based learning. Subjek penelitian ini adalah 15 peserta didik di kelas X MIA. Dan metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah metode PTK atau penelitian tindakan kelas. PTK dilaksanakan karena rendahnya pemahaman peserta didik dalam pembagaian zakat kegiatan pembelajaran pada pokok bahasan zakat Fitra. PTK ini dilaksanakan sebagai upaya dan usaha untuk mengatasi problematika yang muncul dan terjadi di dalam kelas. PTK ini dilakukan melalui 2 siklus. Dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tahapan-tahapan siklus tersebut merupakan tindakan yang berlangsung dan dilaksanakan secara berulang dengan langkah-langkah pembelajaran yang sama dan lebih difokuskan kepada kegiatan pembelajaran dalam bentuk diskusi dan peraktek sebagai bagian keterampilan peserta didik, untuk menghasil projek melalui metode BJBL atau projec based learning. Hasil data penelitian ini telah menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model projek based learning. Terjadinya peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dan diamati melalui kegiatan belajar pada siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I, Peserta didik mendapatkan nilai rata-rata adalah 72,0 dan nilai . Untuk siklus II, Peserta didik mendapatkan nilai rata-rata yaitu 81,0 Peningkatan hasil belajar dapat pada pokok bahasan zakat fitrah dan pembagaianya dengan menerapkan metode PJBL atau projec based learning dirasa dan dapat dikatakan sudah maksimal karena pencapaian ketuntasan nilai KKM mencapai 81,9% .