MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI PENEREPAN MODEL PJBL PADA MATERI BACA AL-QUR’AN SURAH AT-TIN DI KELAS IV SDN 63 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan minat baca Al-Qur'an peserta didik pada materi surah At-Tin di kelas IV SDN 63 Kendari dengan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas IV SDN 63 Kendari Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi surah At-Tin. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya belum ada yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 43,33. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (35,29%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.29 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.54. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.