PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI ZAKAT FITRAH DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING KELAS V SD NEGERI 104 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode Discovery Learning pada fikih materi zakat fitrah dan dampak penerapan metode Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dalam memahami fikih materi zakat fitrah. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Kelas V SDN 104 Kendari Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Zakat Fitrah. Sebelum diterapkannya metode Discovery Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 10 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,5. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 15 siswa (75%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 76 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 84,5. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.