PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI HIJRAH KE HABASYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI MI AS’ADIYAH SUNGAI NYAMUK
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penggunaan model pembelajaran "Make a Match"dalam mengajarkan materi Sejarah Kebudayaan Islam kepada peserta didik kelas IV di MI As’Adiyah Sungai Nyamuk. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik terhadap materi yang memerlukan hafalan dan pemahaman yang mendalam. Metode "Make a Match" mendorong kerjasama dan keterlibatan aktif antara peserta didik dalam mencari jawaban atau pasangan yang sesuai dengan konsep yang diajarkan. Melalui penggunaan model pembelajaran "Make a Match", diharapkan bahwa peserta didik akan lebih termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Model ini memfasilitasi pemahaman yang lebih baik melalui interaksi yang melibatkan peserta didik secara langsung, sehingga memungkinkan mereka untuk membangun koneksi yang lebih baik dengan materi yang dipelajari.Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama dalam konteks pelajaran SKI, yang sering kali dihadapkan pada tantangan hafalan dan daya ingat. Dengan berfokus pada metode pembelajaran yang menarik dan interaktif seperti "Make a Match", penelitian ini mengusahakan cara yang lebih efektif untuk mengajarkan materi SKI kepada peserta didik. Diharapkan temuan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih adaptif dan menyenangkan di lingkungan pendidikan.