MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 38 KENDARI

Authors

  • Lisna SDN 38 Kendari

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD 38 Kendari pada tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran inovatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus sebagai bagian dari penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data dilakukan dengan menggunakan Statistik Deskriptif dengan Persentase sebagai pedoman. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan observasi. Motivasi siswa dievaluasi menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,86% pada kuesioner motivasi belajar siswa, dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Peningkatan prestasi belajar ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Pada siklus I, sebanyak 64,5% atau 20 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II, terjadi peningkatan menjadi 77,14%, atau sebanyak 24 siswa mencapai nilai ketuntasan minimal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PAI siswa kelas IV SD 38 Kendari pada tahun ajaran 2022/2023.

 

Downloads

Published

2023-11-28