PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DALAM MATERI SURAH AL-KAFIRUN SEKOLAH DASAR NEGERI 57 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa pada Materi Surah Al-Kafirun pada siswa kelas V SD Negeri 57 Kendari dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Learning tipe make a match. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi Surah Al-Kafirun di kelas V SD Negeri 57 Kendari.