MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI MEDIA KALIGRAFI DI KELAS IV SD NEGERI 4 LUWUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna di kelas IV SD Negeri 4 Luwuk. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 4 Luwuk pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 19 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan murid. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan murid, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar murid. Faktor yang diselidiki yakni faktor murid dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% peserta didik memperoleh nilai ≥ 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media kaligrafi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna. Hasil evaluasi awal nilai yang diperoleh peserta didik rata-rata sebesar 70,05 dengan persentase ketuntasan mencapai 42,10%. Evaluasi pada akhir siklus I nilai peserta didik menunjukan peningkatan menjadi 75.21 dengan ketuntasan mencapai 73,68%. Pada siklus II perolehan nilai peserta didik kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan peserta didik 78,21 dengan persentase ketuntasan mencapai 89,47%. Pencapaian peserta didik pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran untuk pokok bahasan Asmaul Husna, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah adalah jika 80% peserta didik memperoleh nilai ≥ 75.