MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLABORATIF LEARNING

Authors

  • Hendri Kurniawan SDN 2 Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, mengetahui pengaruh motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, dan menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa setelah diterapkan model pengajaran kolaborasi. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 2 Kendari. Prosedur penelitian menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart pada tahun 1988 dari Deakin University Australia dalam buku penelitian tindakan kelas sebagaimana yang dikutip oleh Muhammad Asrori yang terdiri dari empat tahab yakni Rencana (planning), Tindakan (action), Pengamatan (observation), Refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran colaboratif learning. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 60%. Dari tahap pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar, namun peningkatan ini belum menunjukkan keberhasilan karena pada siklus I ini peserta didik baru mulai beradaptasi dengan model pembelajaran colaboratif learning. Adapun indikator keberhasilan yang telah ditetapkan adalah ≥80%. Pada penelitian siklus II diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 76%. Berdasarkan dari hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada setiap siklus pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti memenuhi indikator keberhasilan.

Downloads

Published

2023-11-28