MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE KARTU ARISAN PADA PESERTA DIDIK FASE D
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Kartu Arisan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu Siklus I dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dan Siklus II sebanyak 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik fase D diMTs Muhammadiyah 2 Aimas pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Kartu Arisan berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tasamuh dan ta’awun. Sebelum diterapkannya metode Kartu Arisan hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 peserta didik (16,7%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 44,17. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 orang (33,33%), yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 orang ((66,67%), tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.