PENINGKATAN PEMAHAMAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MTS NUR AL-AMIEN MARAMPUKA
Abstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan metode problem based learning (PBL) pada peserta didik kelas IX MTs Nur Al-Amien Marampuka Tahun Ajaran 2023/2024. Peningkatan pemahaman yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bagaimana peserta didik mampu memahami pelajaran dengan menggunakan metode problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi sejarah islam di indonesia melalui metode Problem Based learning (PBL) di kelas IX MTs Nur Al-amien Marampuka tahun ajaran 2023/2024 berhasil dan dapat diterapkan pada materi pembelajaran Sejarah Islam di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data hasil belajar siswa yang selalu mengalami peningkatan dari setiap siklus yang dijalankan. Berdasrkan data bahwa hasil belajar peserta didik dari pra siklus sebesar 50 % meningkat menjadi 70 % pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 90 % pada siklus II.