MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TERBIMBING DI KELAS X MA NURUL HIDAYAH SEA 1 KABUPATEN MINAHASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui pembelajaran diskusi kelompok terbimbing. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Sea 1 Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Diskusi Kelompok berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW periode Madinah. Sebelum diterapkannya metode Diskusi Kelompok hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (88%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.