PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKU SUKA BASMALAH DAN HAMDALAH KELAS 1 SDIT AL QALAM KENDARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Jumaidin SDIT Al Qalam Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi “aku suka basmalah dan hamdalah” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Metode pembelajaran discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase A kelas 1 SDIT Al Qalam Kendari Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Pembelajaran Discovery Learning berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Aku Suka Basmalah dan Hamdalah. Sebelum diterapkannya model pembelajaran discovery learning, motivasi belajar siswa sangat berkurang, dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang sangat minim. Kemudian setelah diterapkannya model tersebut diatas pada siklus I tersisa 9 peserta didik yang belum tuntas, dengan perbandingan nilai persen dari siswa yang tuntas sebanyak 77,4% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 22,5%. Kemudian dari siklus II, nilai peserta didik berkembang pesat yaitu 100% (Tuntas). Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran, karena model discovery learning ini mendukung motivasi belajar peserta didik sehingga peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran.  

Downloads

Published

2023-09-01