OPTIMALISASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI "SALING MENGHARGAI PERBEDAAN" DI SD NEGERI 64 KENDARI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi saling menghargai perbedaan di Kelas V di SD Negeri 64 Kendari Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Acttion Research), yang terdiri dari 18 peserta didik. Tehnik pengumupulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Media Audio Visual berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi Saling Menghargai Perbedaan. Sebelum diterapkan Media Audio Visual minat belajar siswa secara kalsikal hanya 5 siswa (27%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 50,6. Setelah diterapkan media tersebut pada siklus 1 sebanyak 8 siswa (71%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73,71. Dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 siswa (94%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 90,2. Siswa lebih semangat dan antusia dalam mengkuti pembelajaran, karena media ini mendukung peserta didiik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran