MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM HALAL DAN HARAM MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (Studi Pada Peserta Didik Kelas VI di SD Negeri 79 Kendari)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Hukum Halal Haram melalui Audio Visual dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media Audio Visual terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di Kelas VI di SD Negeri 59 Kendari Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Acttion Research), yang terdiri dari 13 peserta didik. Tehnik pengumupulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh media Audio Visual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hukum Halal Haram. Sebelum diterapkannya media Audio Visual hasil belajar siswa secara klasikal hanya siswa (30,7%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 56,8. Setelah diterapkannya media tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (53,8,3%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (93,2%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.