PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ulama Penyusun Kutubussittah (Ahli Hadits) Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode Numbered Heads Together. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII Taksifi Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil tes belajar siswa, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Numbered Heads Together berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ulama Penyusun Kutubussittah (Ahli Hadits) Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sebelum diterapkannya metode Numbered Heads Together hasil belajar siswa secara klasikal hanya 9 siswa (13%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 15 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 28 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.