UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS I SDN 47 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah sebelum melalui media papan flanel, kemampuan membacahuruf hijaiyah setelah melalui media papan flanel dan tingkat kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui media papan flanel di SDN 47 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian dan penilaian pada PTK ini bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca melalui media papan flanel yang telah dirancang di SDN 47 Kendari yaitu: sebelum diadakan tindakan atau pada pra siklus kemampuan membaca huruf hijaiyah dinyatakan belum berkembang sebesar 64%, mulai berkembang 20%, berkembang sesuai harapan sebesar 16%, berkembang sangat baik 0%, Pada siklus I dinyatakan belum berkembang sebesar 20%, mulai berkembang sebesar 40%, berkembang sesuai harapan sebesar 64%, berkembang sangat baik sebesar 16%. Pada siklus II meningkat kemampuan membaca permulaan dinyatakan belum berkembang sebesar 0%, mulai berkembang sebesar 8%, berkembang sesuai harapan sebesar 52% berkembang sangat baik sebesar 40%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel.