PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV SDIT AL QALAM KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B1 SDIT Al Qalam Kendari Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar pesertadidik pada materi Asmaul Husna pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (17,24%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67,59. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 17 Peserta didik (58,62%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,52 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 28 Peserta didik (96,55%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 91,03. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.