MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 SOJOL PADA MATERI MENGHADIRKAN SHALAT DAN DZIKIR DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Hapisah SMPN 5 Sojol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada materi Menghadirkan Shalat dan Zikir dalam kehidupan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII  SMPN 5 Sojol Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menghadirkan Shalat dan Zikir dalam Kehidupan Sehari-hari. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 11 siswa (52,38%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,19. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 16 peserta didik (76,19%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,71 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 19 peserta didik (90,47%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,71. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning pada materi Menghadirkan Shalat dan Zikir dalam kehidupan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-09-01