PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP THAHARAH PADA MATERI TATA CARA BERWUDHU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi berwudhu setelah digunakan metode direct learning.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada peserta didik kelas IV di SDS Islam Anawai Mandonga. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDS Islam Anawai,Kel.Mandonga ,Kota Kendari Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus,dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran materi berwudhu dengan menggunakan model pembelajaran direct Learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di kelas IV SDS Islam Anawai Kota Kendari. Peningkatan hasil belajar tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar sebesar 9,70% dan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 90%.