UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI MENGHADIRKAN SHALAT DAN DZIKIR DALAM KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING SMP NEGERI 1 KAHU

Authors

  • Hasriana Hasriana SMPN 1 KAHU

Keywords:

Mind Mapping, hasil belajar,aktivitas peserta didik.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode Mind Mapping pada materi ‘’Menghadirkan Shalat dan Dzikir dalam Kehidupan’’ di SMP Negeri 1 Kahu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas dengan peserta didik kelas VII A sebagai subjek penelitian. Perolehan data diperoleh melalui perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Mind Mapping pada siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 74 dengan nilai terendah yang didapatkan 45 dan nilai tertinggi 90, adapun nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 95. Sedangkan siswa yang memenuhi nilai KKTP pada siklus I berjumlah 21 siswa (77,78%), dan 24 siswa (88,89%) pada siklus II . Siswa yang tidak tuntas (tidak mencapai nilai KKTP) sebanyak 6 siswa (22,22%) pada siklus I, dan sebanyak 3 siswa (11,11%) pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Mind Mapping mengalami peningkatan pada hasil belajar peserta didik dalam materi yang diuji dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 88,89%.

References

Anam, S. (2022). Media Mind Map dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 141-150.

Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Astuti, H. K. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 187-200.

Dwi Harmita, F. S. (2019). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2195-2203.

Fajriana, A. W. (2019). Tantangan Guru dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 246-265.

Kulsum, U. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 157-170.

Rahmah, S. (2022). Urgensitas Nilai Pendidikan Agama Islam dan Lingkungan Pendidikan dalam Membentuk Budaya Religius. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 116-133.

Syafrin, Y. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 72-77.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Published

2023-08-23