MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MENGHADIRKAN SHALAT DAN DZIKIR DALAM KEHIDUPAN FASE D SMP NEGERI 4 MONANO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghadirkan shalat dan dzikir dalam kehidupan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN 4 Monano Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menghadirkan shalat dan dzikir dalam kehidupan . Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar siswa masih berada ≤60 sebanyak 40% namun pada siklus 1 tidak terlihat lagi siswa yang mendapatkan nilai pada rentang tersebut. Sementara untuk rentang 65-70 meningkat dari 20% pada pra siklus menjadi 33,33%, rentang 70-75 dari 0% menjadi 20%, rentang nilai 75-80 dari 20% menjadi 26,66% dan untuk rentang nilai 80-85 tetap berada pada rata-rata persentase 20% siswa. Pada siklus II menunjukkan hasil belajar untuk materi menghadirkan shalat dan zikir dalam kehidupan sebanyak 66,66% siswa mendapatkan nilai pada rentang 80-85, sebanyak 26,66% siswa mendapatkan nilai 85-90 dan sisanya 6,6% mendapatkan nilai 90-95. Sementara yang mendapatkan nilai dibawah ≤60, 65-70 dan 70-75 tidak terlihat atau 0%. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
References
Ardianti, Resti, Eko Sujarwanto, and Endang Surahman. “Problem-Based Learning : Apa Dan Bagaimana” 3, no. 1 (2021): 27–35.
Arhana, Wa Ode. “Cerita Praktik Baik (Best Practice ) Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL),” 2022. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/764421-1674452469.pdf.
Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2008.
Firmansyah. “Tujuan, Dasar, Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 17, no. 02 (2019): 84.
Hamzah, Luthfi. “Fenomena Malas Shalat Di Kalangan Remaja,” 2022. https://wadimubarak.com/fenomena-malas-shalat-di-kalangan-remaja/.
Isma, Teguh Wijaksana, Rido Putra, Tiara Indah Wicaksana, and Elfi Tasrif. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning ( PBL )” 6 (2021): 155–64.
KEMENAG, Quran. Tafsir Q.Surah Al-Ankabut Ayat 45. KEMENAG RI, n.d.
———. Tafsir QS. Al-Ahzab Ayat 41. KEMENAG RI, n.d.
Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Rosda Karya, 2012.
Mudjiono, Dimyati Dan. Belajar Dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Muhaimin. Pradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI Di Sekolah. BAndung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Nafiah, Yunin Nurun, Wardan Suyanto, and Universitas Negeri Yogyakarta. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” no. c (n.d.): 125–43.
Omear Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah RI No 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagmaan (2007).
QURAN KEMENAG. Tafsir Q.S. Ali Imran Ayat 102. KEMENAG RI, n.d.
RI, Departemen Agama. Pedoman Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004.
Robiyanto, Agus. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa” 2, no. 1 (2021): 114–21.
Rudi Nur Biantoro. “Kajian Teori Hasil Belajar,” 2017, 8–24.
Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2016.
Sabarni, Susana, and Lidia Hidajat. “Peran Nilai Pribadi , Nilai Budaya Dan Nilai Religius Terhadap Sikap Remaja Dengan Lawan Jenis , Yang Biasanya Diwujudkan Dalam Kesehatan Masyarakat Flores- Lembata ( Yakkestra ).” 5, no. 2 (2018). https://doi.org/10.22146/jkr.37885.
Suharsimi Arikunto, Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: PT Rineka Cipta, 2006.
Suryadi, Rudi Ahmad. “Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti,” 2021.
Tafsir, A. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.
Tisza Risky Amelinda. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaMelalui Model Pembelajaran Problem Solving Siswa KelasIV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018.” IAIN Metro, 2018.
Tyas, Retnaning. “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran,” n.d.
Yulianti, Eka, and Indra Gunawan. “Model Pembelajaran Problem Based Kearning ( PBL ): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis” 02, no. 3 (2019): 399–408.
Zain, Syaiful Bahri Djamaroh Dan Arwan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.