MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESAN POKOK Q.S. AL-ḤUJURĀT/49:13 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING FASE B SDN 235 BOLONG KABUPATEN LUWU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Penerapan Model Experiental Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 235 Bolong Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakantes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Experiental Learning berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Pesan pokok Q.S Al-hujurat ayat 13. Sebelum diterapkannya metode Experiental Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa dengan persentase 27% yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 54.67. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa dengan persentase 46,67% yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69,67 dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan 100% siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87,53. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
References
Ahmad Fadillah,op.cit.,h.9. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenamedia Group
Arikunto, Suharsimi, dan Suhardjono, Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal dan Ahmad Amrullah. 2018. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi
Depdikbud, (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta ; Dirjen Dikti.
Hamalik, proses belajar mengajar ( Jakarta: bumi aksara, 2001) hal 213
Harsanto,radon , Pengelolaan Kelas Yang Dinamis ( Kasinus 2007) h.18-19
Masnur Muslich KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan (Jakarta:Bumi Aksara, 2007) hal.64
Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Peroses Belajar Dan Mengajar (Bumi Aksara. Jakarta.2008). hal.115
Yulinda Isnaeni, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung” (UIN Raden Intan Lampung, 2017), 19