MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFAZKAN ADZAN MELALUI DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI TK. PEMBINA BANGKALA

Authors

  • Hadindah Hadindah TK Negeri Pembina Bangkala

Keywords:

hasil belajar, metode Demonstrasi, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Adzan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Demonstrasi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase Fondasi Kelompok B, TK Negeri Pembina Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Demonstrasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Aqidah. Sebelum diterapkannya metode Demonstrasi hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67.67. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (29,56%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67.67 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 peserta didik (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 79.00. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

References

Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (2019). Strategi belajar mengajar dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17-24

Kusaeni, I., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2329-2338.

Salim, A. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah. Cendekia, 12(1), 33–48.

Santiasih, N. L. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa peserta didik kelas v sd no. 1 kerobokan kecamatan kuta utara kabupaten badung tahun pelajaran 2013/2014. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.

Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(2), 115-128.

Ruswandi, A., & Mahyani, A. (2022). Analisis Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. In International Conference On Islam, Law, And Society (INCOILS) 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 95-106).

Zaini, H. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Idaroh, 1(01), 15–31.

Downloads

Published

2023-08-23