MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA KELAS IV UPTD SD NEGERI 283 SP.III MAHALONA

Authors

  • Justiani Parituan UPTD SD NEGERI 283 SP.III MAHALONA

Keywords:

minat belajar, make a match

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada materi Asmaul husna ( al-malik,al-aziz,al-quddus,as-salam,al-mu’min ) sangat rendah. Untuk merespon hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa yang berimbas pada hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: untuk mengetahui pelaksanaan metode make a match dalam meningkatkan minat belajar pada siswa pada materi asmaul husna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Terlihat bahwa nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa mulai prasiklus hanya sebesar 34 % dengan nilai rata-rata 60,5 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. dengan rincian 5 siswa telah tuntas dan 10 siswa belum tuntas. Pada nilai postest di siklus I telah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 78,6 dengan ketuntasan klasikal 53 %, dengan rincian 8 siswa telah tuntas dan 7 siswa belum tuntas. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I belum tercapai karena masih dibawah 75%. Sedangkan Nilai rata rata Hasil Belajar Siswa Pada Siklus II Sebesar 83,5 Dengan ketuntasan klasikal 93 % Dengan rincian 14 siswa Telah Tuntas. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus II sudah tercapai karena sudah berada diatas 75%. Oleh karena itu hasil belajar siswa pada pada materi asmaul husna ( al-malik, al-aziz, al-quddus, as-salam, al-mu’min di kelas IV UPTD SD NEGERI 283 SP.III MAHALONA untuk siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa melalui metode Make A Macth sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, Hal ini membuktikan ketuntasan siswa mengalami peningkatan dan lebih baik untuk setiap siklusnya. Hal ini menggambarkan adanya upaya guru meningkatkan minat belajar yang berimbas pula pada peningkatan dan kualitas pembelajaran yang dilakukan, yang ditunjukkan dari adanya peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa juga minat dan hasil belajar siswa untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan mulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II.

References

Buku pedoman Guru PAI &BP kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2019

Buku siswa PAI &BP kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2019.

Abimanyu, Soli dan Sulo, Sulo Lipu La.( 2008). Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Ahmad Hasyim dan Kholid Fathoni. 2014. Buku Siswa PAIBP Kelas 4. Kemdikbud Siburian, Abdi, Eva Angelisa Siahaan, and Dorlan Naibaho. "Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2.2 (2023): 11202-11209. Maylitha, Evi, et al. "Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa." Journal on Education 5.2 (2023): 2184-2194. Sari, Suci Perwita. "Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD." EJoES (Educational Journal of Elementary School) 1.1 (2020): 19-24. Nurwidianing, Susan, et al. "Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas III Melalui Model Make a Match." Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9.2 (2023): 3306-3316.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Aisyah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Trianto. 2008.Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Downloads

Published

2023-08-23