MENINGKATKAN HAFALAN NAMA MALAIKAT BESERTA TUGASNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL KELOMPOK B TK HANDAYANI TOLO TOA
Keywords:
hasil belajar, media audio visual metode bernyanyi, Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan hafalan peserta didik pada materi mengenal malikat beserta tugasnya dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan media audio visual melalui metode bernyanyi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase Fondasi TK Handayani Tolo Toa Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh media audio visual melalui metode bernyanyi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengenal nama malaikat beserta tugasnya . Sebelum diterapkannya oenggunaan media audio visual dengan metode bernyanyi hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan MB. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 peserta didik (57%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan BHS dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 pesert (93 %) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata BHS. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
References
Abdurrahmat, Irfan. 2011. Penggambaran malaikat dalam Al-Quran. Jakarta: UIN
Syarif Hidayatullah.
Ahmadriswan Nasution, “Bahan Ajar Fsa Angkatan Ke-21 Tahun 2020 Pengujian
Hipotesis,” Pusdiklat.Bps.Go.Id, 2020,
Alifus Sabri, 1995. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, Cet 3.
Annurrahman, 2012. Hasil Belajar. bandung: Alfabeta
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arsyad , 2010.’’Penggunaan Media Pembelajaran,’’, Jakarta: PT. Raja grafindo persada
Djamara dan Aswan Zain. 2006.strategi belajar mengajar..Jakarta : renika cipta.
Ekawarna. 2011..Hasil Belajar. Jakarta : Gaung Persada.
Eni Fariyatul Fahyuni, 2018. “Pembelajaran, Inovasi Model,” Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,
M. Miftah,2013“Peran Dan Fungsi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Peserta didik,” Jurnal KWANGSAN 1, no. 9 1689–99.
Nana.1995. ‘’Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar’’ Bandung : PT Remaja
Sanapiah Faisal, Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasi.
Sunaryo. 2012. Media Pembelajaran Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta