PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ZAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PJBL KELAS VIII A SEMESTER GANJIL MTS DDI BABUSSALAM
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran PJBL, ketentuan zakat.Abstract
Masalah yang diangkat dalam PTK ini adalah 60 % peserta didik mendapatkan nilai di bawah KKM pada kompetensi dasar . Menganalisis ketentuan pelaksanaan zakat yang digunakan adalah model pembelajaran biasa. Tindakan direncanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan, masing masing pertemuan terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. PTK ini dilengkapi dengan teori dan metode penelitian disertai dengan instrumen-instrumen yang dibutuhkan. Teori yang dipaparkan berkenaan dengan permasalahan zakat. Metode yang dipergunakan adalah metode penelitian kualitatif. Laporan ini dilengkapi dengan instrumen-instrumen observasi yang berkenaan dengan prilaku peserta didik dalam proses pembelajaran dan instrumen observasi untuk guru baik observasi terhadap rencana pembelajaran dan tindakan dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan tindakan dari 2 siklus dan 4 pertemuan ditemukan data yang merupakan hasil pengamatan observer. Setelah data dibahas/dianalisis ditemukan kesimpulan bahwa penggunaan Model Pembelajaran projek basid learning (PJBL) dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Selanjutnya penulis menyampaikan rekomendasi sebagai berikut: metode pembelajaran konvensional harus diganti dengan metode yang sesuai dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fiqih khususnya pada materi Ketentuan zakat.
References
Eggen, Paul., dan Don Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir), Jakarta: Indeks.
Gulo, W. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
H.A.R Tilaar, Prof,.,Dr.,Pradigma Baru PendidikanNasional(Aspek-aspek dalam demokratisasi Pendidikan,dwi-rohmadi.blogspot.com, http://dwi-rohmadi.blogspot.com ) 2010
Hakim, Nur. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Melalui Metode Index Card Match, Jurnal PGMI, Vol. 1, Universitas Tarbiyatul Thalabah.
Hakim, Thursan. (2019). Belajar Secara Efektif, Jakarta: Niaga Swadaya.
Hidayat, Ujang S. (2016). Model-model Pembelajaran Efektif, Jawa Barat: Yayasan Budi Mulia Sukabumi.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Usman, Syahruddin. (2014). Belajar dan Pembelajaran Perspektif Islam, Makasar: Alauddin University Press.