PENGGUNAAN METODE PJBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PROSES LAHIRNYA BANI UMAYYAH DAMASKUS DI MAN 1 KOTAMOBAGU

Authors

  • Adithya Pratama Makahenggeng Madrasah Aliyah Negeri 1 Kotamobagu

Keywords:

Hasil Belajar, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini fokus pada penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan materi Bani Umayyah Damaskus di MAN 1 Kotamobagu. Penelitian dilakukan dalam semester gasal tahun pelajaran 2023/2024. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada sebagian peserta didik, tercermin dalam hasil belajar siswa yang masih jauh dibawah KKM. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, melibatkan 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PjBL berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Awalnya, Peningkatan terjadi dari siklus 1 terdapat 40% peserta didik yang tuntas menjadi 67% peserta didik yang tuntas belajar pada siklus II. Kemudian meningkat lagi menjadi 100% peserta didik yang tuntas belajar pada siklus III. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang mendorong hasil belajar peserta didik.

References

Aiman Faiz, N. P. (Vol.10 No.3 Edisi September 2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan . Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Almuzhir. (Juni 2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP NEGERI 1 MARISA Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, Volume 02, (2).

Aprida Pane, M. D. (Desember 2017). Belajar Dan Pembelajaran. Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman, Vol. 03, No. 2, .

Dayuk Wardani, https://repository.um-surabaya.ac.id/3873/3/BAB_2.pdf, 2019

Fatamorgana, A. A. (April 2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran,. Jurnal Auladuna, Vol 3 No 1.

Firosalia Kristin. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd,. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1.

Miaz Yalvema. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dan Dosen. Padang: UNP Press Padang.

Ni Wayan Sunita, E. M. (April 2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik, . Widyadari, Vol. 20 No. 1.

Noto susanto, N. (1971). Norma-norma Dasar Penelitian dan Penulisan Sejarah, . jakarta: pusat sejarah ABRI.

P, A. A. (DESEMBER 2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. JURNAL IDAARAH, VOL. III, NO. 2, .

Puspita, M. H. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik, . JP2EA Vol. 5 No. 2, Des.

Reski, N. (April 2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas Ix Smpn 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.11 .

Sandri, D. (Februari 2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa Vol.2, No.1.

Sidi, G. (1966). Pengantar Sejarah sebagai Ilmu. jakarta: Bharata.

Siregar, S. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JURNAL BIOLOKUS Vol.2 (2) .

Siswani Mulia Dini. (Maret 2016). Penelitian Tindakan Kelas Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Local Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube Banyumas,. Khazanah Pendidikan, Vol. IX, No. 2, .

Suharsimi Arikonto, d. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulastri, I. d. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya,. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No 2.

Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 17, No. 2.

Widyati Ani. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas, . Vol. VI, Nomor 1, 2008, .

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas,. Jakarta: Kencana.

Zainal Aqib. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, . Bandung: Yrama Widya.

Published

2023-08-23