MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJEC BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI MISI DAN STRATEGI DAKWAH NABI DI MEKAH KELAS VII MTs ALKHAIRAAT BOTUMOITO KAB. BOALEMO

Authors

  • Dedi Karim MTs Alkhairaat Botumoito

Keywords:

Motivasi Belajar, Project Based Learning, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada materi Misi dan Strategi Dakwwah Nabi Muhammad Saw di Mekah. Model pembelajaran PJBL adal model pembelajaran bersifat kontekstual dengan menggunakan proyek sebagai media sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Model pembelajaran ini dilakukan dengan Langkah – Langkah sebagai berikut: 1). Mengajukan pertanyaan mendasar apa yang harus dilakukan peserta didik terhadap topik/ pemecahan masalah. 2). Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. 3). Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktuyang telah ditentukan Bersama. 4). Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selamapenyelesaian proyek dengan guru. 5). Membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/ karya untuk dipaparkan kepada orang lain. 6). Setiap peserta didik memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning ini dianggap mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Misi dan Strategi Dakwah Nabi Muhammad di Mekkah. Untuk itu penerapan model pembelajaran menggunakan Project Based Learning sangat di sebagai Upaya untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa.

References

Abdul Majid. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Suryanto dan Djihad Hisyama, Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.

Indar Kasih, (2016), Belajar dan Berlatih Pass Bawah dan Pass Atas, Medan: Unimed Press.

Sadirman A.M, Integrasi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta ; Raja Gorontalo, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Penyediaan Fasilitas Guru, Jakarta; Depdikbud, 2000.

Usman Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung; Remaja Rosda Karya, 1995.

Thomas I. Good, Jere E. Brophy, Educational Psycology, A Realistic Approach, New York: Longman, 1990.

W.S.Winkel, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo,1996.

Muhibin Syah, Psikologi Pendiikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosda Karya, 1997. Made, Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Mahmud. 2011

Mohammad Fauzi, Media Pembelajaran, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Sutirman, ( 2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif.Yogyalarta: Graha Ilmu.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Kencana, 2009

Published

2023-08-23