UPAYA PENINGKATAN KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI FIKIH PADA SISWA/I KELAS VI MIS NURUL HIDAYAH

Authors

  • Sulifah Sulifah MIS Nurul Hidayah

Keywords:

hasil belajar, metode diskusi, demonstrasi dan dokumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran Kooperatiif dalam upaya peningkatkan hasil belajar mata materi fikih khususnya bab wudhu. Materi tentang wudhu, kami pandang sangat relevan disampaikan melalui kegiatan pembelajaran kooperatiif sehingga sangat diharapkan siswa lebih mampu mencari tahu dan berbagi dengan sesama temannya untuk mencari hal dan pengetahuan yang baru. Bersamaan dengan pelaksanaan pembelajaran tersebut kami juga mengadakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari peserta didik 25 siswa/siswi dengan menggunakan metode obeservasi, interview, demonstrasi dan dokumetasi. Dari hasil penenlitian kami dengan menggunakan metode tersebut sudah mulai terlihat hasil belajar siswa yang sudah meningkat dari sebelumnya. Sebelumnya pelaksanaan proses belajar hanya 5 peserta didik yang mampu atau tuntas dalam materi wudhu dengan nilai dibawah KKM yaitu 69.00, dan setelah ada penetitian dan menggunakan metode obeservasi, interview, demonstrasi dan dokumetasi. dalam siklus I sudah ada peningkatan proses belajar siswa/siswi yang dari 5 peserta didik yang mampu sekarang 7 siswa/siswi dengan nilai rata-rata 74.0. Dan pada siklus II rata-rata siswa/siswi sudah mendapatkan nilai diatas KKM . dengan mendapatkan nilai 85.0. dengan adanya metode yang relevan dengan materi pelajaran akan mempengaruhi siswa/siswi dalam proses belajar, siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

References

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, cetakan 29 (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2011). Khofiyah, Siti. "Peningkatan motivasi belajar PAI melalui model make a match: Studi terhadap siswa SMPN 01 Kesesi, Pekalongan, Jawa Tengah." Jurnal Pendidikan Agama Islam 17.1 2020.

Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Moh.Uzer Usman.,Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Muhammad Ali,Guru Dalam proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Alqesindo, 2012

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006

Mulyadi Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010

Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokrasi, Jakarta: Prenada Media, 2011

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, cetakan 14 (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).

http://repository.uin-suska.ac.id/5577/1/2013_2013557PAI.pdf

http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6229/1/123911214.pdf

http://repository.iainkudus.ac.id/6555/6/06.%20BAB%20III.pdf

Published

2023-08-23