PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BERSUCI DARI HADAS KECIL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti menggunakan metode student fasilitator and explaing di fase B2 SDNĀ 10 Barangka tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian dalam kajian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bersuci dari Hadas Kecil dengan persentasi kelulusan 20 % pada pra siklus, 40% (meningkat 20%) pada siklus I, dan 90% (meningkat 50%) pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode student facilitator and explaining pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.