PENERAPAN MODEL MARKET PLACE ACITIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JUJUR AMANAH DAN ISTIQOMAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jujur, amanah, dan istiqomah mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dengan menerapkan model market place activity. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik di SMP Negeri 1 Bulango Timur. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran market place activity meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata kelas 61 pada siklus I (peningkatan 26) dan 80 pada siklus II (peningkatan 19). Dengan demikian penerapan model market place acitvity pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik