IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PESANTREN SALAF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Implement character education;, , character building;, local wisdom values;, salaf pesantrenAbstract
Character education is the core value of education today. Character education is a conscious and planned effort to form a person with real learning experiences with noble values. Therefore the need for implement character education in every environment, whether in the family, school, or the surrounding environment, because in it there are elements of formation that will later shape the character of children. Islamic boarding schools are considered to have succeeded in creating a generation of morals and character. With that, if the values of local wisdom of the pesantren are also applied in character education today, all educational institutions will be able to produce a generation that has character and character.
References
Akhmar, A. M., & Syarifudin. (2007). Mengungkap kearifan Lingkungan Sulawesi selatan. PPLH Regional Sulawesi, Maluku dan Papua, kementerian Negara Lingkungan Hidup RI dan Masagena Press, makasar
Effendi, Rahayu, Salsabila, Hana, Malik, Abdul. (2018). Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan, MODUL vol. 18, no. 2
Elmubarok, Zaim. (2009). Membumikan pendidikan Nilai:Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.
Kusuma, Dharma, Triatna, Cepi, Permana, Ohar. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Program Pascasarjana.
Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional.`
Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasina dalam pendidikan). Dinamika Ilmu vol.13, No.2.
Salahudin, Anas, Alkrienciehie, Irwanto. (2017). Pendidikan Karakter: Pendidikan berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
Salahudin, Anas. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Diasease (Covid-19), di akses di https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19 pada tanggal 1 Maret 2021
Suwardani, NI Putu. (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter : dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI PRESS.
Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Jalaluddin, Abdullah Idi. (2014). Filsafat Pendidikan manusia, Filsafat, dan Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada : Jakarta.
Sofyan Mustoid, (2018). Muhammad Japar, Zulela MS. Implementasi pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1)
Kamal, R. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di SD/MI. Madaniyah, 4(1), hal. 28
Syarifuddin, A. M. A. (2007). Mengungkap Kearifan Lingkungan Sulawesi Selatan, PPLH Regional Sulawesi, Maluku dan Papua, hal. 10
Setiawan, A. R., & Velasufah, W. (2020). Nilai Pesantren Sebagai Dasar Pendidikan Karakter, hal. 1
Abdurrahman Wahid, (2001) Menggerakan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LKIS.
Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang lingkungan berkelanjutan. Modul, 18(2), 76-77
Karim, N. (2010). Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), hal. 70
Novan Ardy Wiyani, (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta : Teras. hal.
Sunarto, Agung Hartono. (2008). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Rineka Cipta, hal 25.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), hal. 45
Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang lingkungan berkelanjutan. Modul, 18(2), hal. 76-77
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), hal. 54
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), hal. 41
Kamal, R. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di SD/MI. Madaniyah, 4(1), 28
Ilmi Najib, Wali Kelas IV, wawancara, tanggal 5 Juni 2021 di Ruang Guru
Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Sistem Pesantren Global yang Diselenggarakan Masyarakat. Dokumen pribadi, Pesantren Global.
Rahardjo. (1983). Masalah Penegak Hukum: Suatu Tinjauan Sosiologi. Bandung: sinar Baru, hal. 9