Manifestasi Literasi Karakter melalui Branding Nusantara School di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
This article aims to describe the manifestation of MIN 1 Kendal's character literacy through the Nusantara School branding. This article is motivated by the issue of noble character, noble values, wisdom, and character those are still a big problem that must be fought for. The solution is to restore the strength of character teachings as taught by former Islamic scholars (ulama) through the cultures of the Islamic kingdom of Nusantara. This research uses qualitative research with descriptive method. The research informants include the head of madrasah, coordinator of student affairs, teachers and students of MIN 1 Kendal. Collecting data through observation, interviews, and documentation studies. Data analysis through the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the manifestation of character literacy of MIN 1 Kendal through the Nusantara School branding is carried out in several forms of activity: Pancasila Character Habituation, giving exemplary pins of attitude and order, and making class arrangements as a source of noble character from the leaders/kings
References
Alaby, Muhammad Alwin, 2020, Menumbuhkan Kepribadian bangsa yang Berkarakter Pancasila, https://journal.universitaspahlawan.ac.id/ index.php/jpt/article/view/1282, diakses tanggal 24 November 2022.
Apriliyanti, Fressi., Hanurawan, Fattah., Sobri, Ahmad Yusuf., 2020, Sistem Among dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13866, diakses pada tanggal 24 Oktober 2022.
Digdoyo Eko, 2022, Rumah Puspo Budaya Nusantara sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Nusantara, https://journal.unnes.ac.id/ nju/index.php /integralistik/article/view/20778, diakses pada tanggal 24 Oktober 2022.
Dimyathi, Sholeh dan Feisal Ghozali. 2018. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faizah, Dewi Utama. dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, cet. I. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
----------, Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di https://kbbi.web.id/nusantara. Diakses 22 Oktober 2022.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tt. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidkan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, (Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kusumawardani, Fitri., Akhwani, Nafiah, dan Taufiq, Mohammad, 2021, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar, https://journal.umpo.ac.id /index.php/JPK/article/view/2823/0, diakses tanggal 24 November 2022.
Lardiatama, Trada dan SMAS HelloMotion, 2020. Modul Pembelajaran SMA Prakarya dan Kewirausahaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Mawaddah, Zulva Ma’azzati, 2020, Pola Habituasi Nilai-nilai Pancasila di PAUD Perwanida karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, http://repository.um.ac.id/88538/, diakses tanggal 24 November 2022.
Mustari, 2022, Menumbuhkan Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Pola Pembiasaan, https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2730, diakses tanggal 24 November 2022.
Mustika, A. Abidin, 2019, Penerapan Pendidikan Karakter pada Kegiatan Esktrakurikuler melalui Metode Pembiasaan, https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/ view/185. diakses tanggal 24 November 2022.
Mujib, Fathul dan Tutik Saptiningsih, 2020. School Branding: Strategi di Era Disruptif, Jakarta, Bumi Aksara.
Noormalitasari, Ulfah, 2022, Penguatan Pendidikan Karakter di SD N Percobaan 2 Sleman, https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/ 15161, diakses pada tanggal 24 Oktober 2022.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan.
Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter.