UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SD NEGERI 13 BOTUMOITO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hasil Belajar Menggunakan Make a Macth pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Asmaul Husna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SDN 13 Botumoito Kec. Boliyohuto Kab.Gorontalo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas IV SDN 13 Botumoito. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah semua murid kelas IV dengan jumlah murid 17 orang. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna dengan menggunakan metode Make a Macth . Hasil evaluasi awal nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 67,06 dengan persentase ketuntasan mencapai 29,41%. Evaluasi pada akhir siklus I nilai siswa menunjukan peningkatan menjadi 75,59 dengan ketuntasan mencapai 64,71%. Pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 83,52 dengan persentase ketuntasan mencapai 88.24%. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus menjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran untuk pokok bahasan Asmaul husna, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh peneliti adalah jika 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75.