MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DZIKIR DAN DOA SETELAH SHOLAT DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II DI NEGERI 08 DULUPI

Authors

  • Aryanto Baridu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengafal Dzikir dan Doa setelah sholat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Drill. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SD Negeri 08 Dulupi Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Drill berhasil meningkatkan kemampuan mengafal Dzikir dan Doa setelah sholat. Sebelum diterapkannya metode kemampuan mengafal Dzikir dan Doa setelah sholat secara klasikal hanya 3 siswa (25%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 56.7. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 5 siswa (41,66%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2025-01-30