IMPLEMENTASI STRATEGI MODELING THE WAY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI KETENTUAN SHALAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ketentuan shalat melalui penerapan strategi Modeling the Way di kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa, dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 85% pada akhir siklus kedua, dibandingkan dengan 75% pada siklus pertama. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam metode pengajaran agama Islam di sekolah, serta menunjukkan pentingnya penggunaan strategi yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.