PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKHLAS
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk generasi berkualitas, di mana hasil belajar menjadi indikator utama efektivitas pembelajaran. Namun, di SMP Negeri 10 Satu Atap Wonosari, hasil belajar pada materi ikhlas masih rendah, menunjukkan peserta didik kesulitan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ikhlas, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan jumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada pra siklus Peserta didik yang tuntas 7 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan 46.66% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 8 peserta didik dengan presentase ketuntasan 53.33%, sedangkan pada tahap siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 11 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan 73.33%, dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan presentase ketuntasan 26.66%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan presentase peserta didik yang tuntas 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.