MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATERI KALIMAT THOYYIBAH DI KELAS III SD NEGERI 13 WONOSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas III SD Negeri 13 Wonosari terhadap materi Kalimat Thoyyibah melalui penerapan metode Make A Match. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, yang terlihat dari hasil evaluasi sebelumnya. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Make A Match mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Kalimat Thoyyibah. Pada siklus I, rata-rata nilai peserta didik mencapai 70, dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 68%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 85, dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 92%. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran juga menunjukkan peningkatan, terutama dalam hal partisipasi, kerjasama, dan antusiasme terhadap pembelajaran. Dengan demikian, metode Make A Match efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Kalimat Thoyyibah. Penelitian ini merekomendasikan agar metode ini dapat diterapkan pada pembelajaran materi lain untuk meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik.