IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HADITS SILATURAHMI DI KELAS IV SDN 05 TALUDITI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran Direct Instruction (DI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hadits silaturahmi. Model pembelajaran Direct Instruction dipilih karena pendekatannya yang terstruktur dan fokus pada pemberian instruksi yang jelas serta umpan balik yang langsung. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar dengan melibatkan siswa kelas IV sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa pada materi hadits silaturahmi, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penerapan model Direct Instruction terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi secara mendalam, meningkatkan partisipasi, serta mendorong motivasi belajar siswa. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran agama, khususnya pada materi hadits silaturahmi.