UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SDN 08 POPAYATO MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna d mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Make a Match. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 08 Popayato Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Make a Match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna. Sebelum diterapkannya metode Make a Match hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.13. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 siswa (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 90.5. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.