PENERAPAN METODE MARKET PLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RASUL ULUL AZMI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Rasul Ulul Azmi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Market Place Activity. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B2 SDN 08 Taluditi Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Market Place Activity berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Rasul Ulul Azmi. Sebelum diterapkannya metode Market Place Activity hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (36,36%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 52,27. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (54,55%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62,73 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 11 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77,36. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.