PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 5 SDN 2 DUHIADAA TERHADAP MAKNA DAN RELEVANSI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CERITA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Authors

  • Yusna Husa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan metode pembelajaran Asmaul Husna terhadap peningkatan pemahaman spiritual peserta didik di sekolah. Dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), studi ini melibatkan beberapa siklus pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang diambil secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Asmaul Husna secara signifikan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai spiritual. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan skor rata-rata evaluasi siswa dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Implementasi metode ini juga memberikan dampak positif pada motivasi belajar dan perilaku religius siswa dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini merekomendasikan integrasi pembelajaran Asmaul Husna dalam kurikulum pendidikan untuk mendukung perkembangan karakter siswa secara holistik.

Downloads

Published

2024-04-30